Fakta Unik Tentang Bahasa di Kanada



Mau tahu fakta unik tentang bahasa di Kanada? Yok baca lebih lengkap







Dua bahasa resmi Kanada adalah Inggris dan Perancis. Pada 7 Juli 1969, bahasa Perancis disamakan dengan bahasa Inggris melalui pemerintah federal. Ini dimulai sebagai proses yang mendefinisikan Kanada sebagai negara bilingual dan multibudaya dalam tingkat federal.

* Bahasa Inggris dan Perancis memiliki status yang sama dalam Parlemen Kanada, dalam pengadilan federal dan di seluruh institusi federal.
* Setiap orang berhak untuk diadili kriminal dalam bahasa Inggris atau Perancis.
* Masyarakat memiliki hak, bila ada permintaan yang cukup, untuk menerima pelayanan pemerintah federal dalam bahasa Inggris atau Perancis.
* Bahasa resmi grup minoritas di banyak provinsi dan teritori memiliki hak untuk diajar dalam bahasa mereka.
* Karena multibudaya adalah kebijakan resmi, untuk menjadi warga negara seseorang harus dapat bicara baik dalam bahasa Inggris maupun Perancis.
* Hampir dari 98% orang Kanada berbicara baik Inggris atau Perancis atau keduanya.

New Brunswick ialah satu-satunya yang secara resmi provinsi dwibahasa, kedudukan yang secara spesifik dijamin Piagam Hak dan Kebebasan, dengan warga negaranya yang memiliki hak bahasa yang sama di tingkat provinsi sebagaimana seluruh warga negara Kanada punya di tingkat federal. Beberapa pemerintah provinsi, khususnya Manitoba dan Ontario, menawarkan banyak layanan pada penduduk minoritas Prancisnya.

Bahasa resmi Quebec ialah Perancis, sebagaimana didefinisikan oleh Piagam Bahasa Perancis yang melindungi penggunaan Bahasa Perancis, namun juga menyediakan hak tertentu pada penutur Inggris dan bahasa-bahasa asli. Quebec menyediakan banyak layanan pemerintahan dalam bahasa Perancis dan Inggris.
Pandangan dari bagian kota yang ramai dari Montreal, Quebec

Bahasa Perancis terutama dituturkan di Quebec, Ontario, New Brunswick dan Manitoba selatan. Pada sensus 2001, 6.864.615 orang mendaftarkan Perancis sebagai bahasa ibu, dari yang 85% tinggal di Quebec, dan 17.694.835 orang mendaftarkan Perancis sebagai bahasa ibu.

Bahasa selain bahasa resmi juga penting di Kanada, dengan 5.470.820 jiwa yang mendaftarkan bahasa yang bukan bahasa resmi sebagai bahasa resmi (3 statistik di atas juga termasuk orang yang mendaftarkan lebih dari satu bahasa). Di antara kelompok bahasa ibu yang bukan bahasa resmi terpenting ialah Tionghoa (853.745 penutur bahasa ibu), khususnya Kantonis (322.315); Italia (469.485); dan Jerman (438.080). -wikipedia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes